Monday, 25 February 2013

Dibalik Mitos Buah Terong

Secara kebetulan saya termasuk penggemar masakan sambal terong ungu karena rasanya yang sungguh nikmat. Namun suatu ketika saya merasa sedikit mendongkol ketika ada beberapa pelayan cantik di sebuah Rumah Makan yang secara tiba-tiba berkelakar “Jangan terlalu sering makan terong” nanti ndak loyo lho pak.

Dalam benak hati saya timbul pertanyaan, ada apa dibelakang nikmatnya masakan terong?. Ternyata ada mitos bahwa laki-laki dilarang makan terong karena bisa mempengaruhi keperkasaan lelaki. Peristiwa inilah kemudian mendorong saya untuk membuat tulisan tentang si buah ungu terong yang sebenarnya.
Barangkali kelihatannya saja, buah terong yang setelah dimasak bentuknya loyo, maka terong dituding sebagai sesuatu yang dapat mengganggu keperkasaan kaum lelaki, bahkan didesas-desuskan dapat menimbulkan impotensi. Maka tak pelak anggapan itu berakibat terong bak musuh yang menakutkan bagi sejumlah laki-laki, padahal itu hanyalah sebuah mitos.
Mitos tersebut sama sekali tidak benar, apalagi belum ada penelitian secara ilmiah yang menjelaskan terong bisa membuat kaum pria menjadi loyo, jelas Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D. DSG. Seorang ahli gizi dari Universitas Indonesia.
Buah terong yang semula berasal dari daerah India memiliki zat tertentu. Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto Ph.D. DSG. terong dapat menurunkan kolesterol. Artinya memakan terong bersama-sama dengan makanan berkorelterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Itupun jika terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak degan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya dan yang ada hanya rasa nikmat.
Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D. DSG, terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stress, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu bisa mengendurkan urat-urat syaraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.
Selain memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, terong ternyata masih memiliki manfaat tersembunyi, diantaranya adalah menurunkan hipertensi, mencegah resiko terserang penyakit kanker, mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan manfaat kesehatan lainnya.
Dengan mengkonsumsi terong secara teratur, baik itu dimasak sebagai sayur terong, lalapan maupun dimasak sebagai sambal terong semua baik untuk kesehatan tubuh kita namun tetap terkontrol dan selalu berolah raga setiap hari untuk mengimbangi kesehatan kita. (s.bag)

Tulisan Terkait:

1 comment: