Tuesday 5 March 2013

Antara Visit Jateng dan Festifal Serayu Banjarnegara 2013

Banyak pihak mempertanyakan keterkaitan antara Visit Jawa Tengah 2013 dan Festival Serayu Banjarnegara 2013. Jawabannya singkat yaitu sangat terkait. Bahkan bukan hanya Festival Serayu saja yang terkait tetapi juga “Lomba Arung Jeram Internasional” dan “Dieng Culture Festival” 

Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2013 akan digelar selama sepekan (24 – 31 Agustus 2013). Lomba Arung Jeram Internasional akan berlangsung tiga hari (25 – 28 April 2013). Sedangkan Dieng Culture Festival (DCF) dilaksanakan dua hari (29 Juni – 1 Juli 2013). Event – event tersebut digelar dalam rangka mensukseskan Visit Jawa Tengah 2013 sekaligus mempromosikan potensi wisata yang ada di Banjarnegara.
VISIT JAWA TENGAH
Latar belakang Visit Jawa Tengah 2013 berawal dari obsesi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang ingin menjadikan Jawa Tengah sebagai “Pusat Kebudayaan dan Destinasi Pariwisata Utama Indonesia”. Obsesi tersbut dilandasi adanya keragaman produk budaya dan pariwisata di Jawa Tengah (sejarah, seni, religi, buatan, pegunungan, pantai, heritage, kuliner, dll).
Selain itu Jawa Tengah memiliki empat Destinasi Pariwisata Nasional (RIPPARNAS), yang terus ditata dengan dana APBN/APBD. Keempat destinasi pariwisata nasional dimaksud adalah Borobudur – Dieng, Semarang – Karimunjawa, Solo – Sangiran, Pangandaran – Nusakambangan.

Visit Jawa Tengah 2013 adalah sebuaha upaya untuk mendorong akselerasi pembangunan kebudayaan dan pariwisata Jawa Tengah yang melibatkan seluruh stakeholder (pemerintah, masyarakat dan swasta). Selain itu Visit Jawa Tengah 2013 juga merupakan moment untuk menjadikan pariwisata sebagai akselerator bagi pengembangan potensi ekonomi, sosial dan budaya di Jawa Tengah agar lebih dikenal, lebih dinikmati dan lebih berdaya jual.
FESTIVAL SERAYU
Latar belakang Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah mengartikan pentingnya Sungai Serayu bagi masyarakat Banjarnegara. Sejarah Sungai Serayu sebagai pusat peradaban; Kondisi Sungai Serayu saat ini; Upaya Serayu sebagai ikon wisata; Konsep Water Front City; Upaya penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu; Mengoptimalkan potensi Serayu dari semua aspek (mitos, historis, sosial budaya, ekonomi, lingkungan dll); dan Pengenalan Serayu kepada Masyarakat Nasional dan Internasional.
Cakupan Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah Serayu dalam anti fisik (hulu, tengah, hilir, lembah air dan isi sungai baik makhluk hidup maupun mati); Serayu dalam manusianya yaitu orang – orang yang menghuni dan meggantungkan kehidupannya dari Sungai Serayu; dan Serayu dalam arti budayanya, sosial, ekonomi dan perilaku tradisionalnya, seni budaya dan pariwisata, pertanian dsb.
Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah sebuah upaya untuk mendorong akselerasi pembangunan kebudayaan dan pariwisata Banjarnegara serta menjadi titik kebangkitan budaya dan pariwisata Banjarnegara di mata Indonesia dan Dunia. Selain itu juga dijadikan moment untuk menjadikan pariwisata sebagai akselerator bagi pengembangan potensi ekonomi, sosial dan budaya Banjarnegara agar lebih dikenal, lebih dinikmati dan lebih berdaya jual.
Festival Serayu Banjarnegara 2013 diselenggarakan demi tercapainya Banjarnegara sebagai pusat budaya dan destinasi unggulan pariwisata, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan pencapaian target 150.000 wisatawan nusantara dan 1000 wisatawan mancanegara.
Target mendatangkan wisatawan sebanyak itu optimis tercapai karena gelaran event yang disuguhkan dikemas berdasarkan aspek kekhasan dan keunikan masyarakat Banjarnegara, seperti sikap hidup yang semangat penuh kekeluargaan. Selain itu event yang ditampilkan mengandung elemen – elemen ramah, simpati, toleran dan gotong royong dan menghargai orang lain, sesuai dengan cita – cita bangsa Indonesia. Hal itu karena Banjarnegara sangat merindukan suasana kebersamaan, persaudaraan dan sikap mengasihi yang tulus. Itu semua merupakan jiwa setiap aktivitas yang dilaksanakan dalam kegiatan Festival Serayu Banjarnegara 2013, baik aspek produk, pelayanan, fasilitas pendukung dan kemasan komunikasi efektif penuh persahabatan.
Tahapan dan rencana aksi Festival Seayu Banjarnegara telah ditetapkan yaitu Konsolidasi, Promosi dan Aktualisasi. Tahapan Konsolidasi telah dilakukan sejak awal hingga akhir tahun 2012. Selama setahun konsolidasi telah mampu meyakinkan dan mendorong seluruh stakeholder (Pemerintah, Masyarakat dan Swasta) untuk bahu membahu mempersiapkan diri sesuai dengan bidang dan kemampuan dan kewenangannya masing – masing.
Mulai awal Januari hingga pelaksanaan Festival Serayu Banjarnegara 2013 (Januari – Agustus) memasuki tahapan promosi. Agar Festival Serayu Banjarnegara 2013 benar – benar sukses promosi telah dan sedang dilakukan melalui berbagai media dalam  dan luar negeri. Sedangkan tahap aktualisasi yaitu 24 – 31 Agustus 2013 dimana itu tanggal menjadi gelaran Festival Serayu Banjarnegara 2013 selama sepekan.
EVENT
Event Festival Serayu Banjarnegara 2013 yang digelar selama sepekan (24 – 31 Agustus 2013) terdiri dari Event Inti dan Event Pendukung. Event inti meliputi : Parade Budaya, Pesta Parak Iwak, Gelar Seni, Serayu Expo, Banjarnegara Bershowalat dan Banjarnegara Hijau.
Sedangkan event pendukung meliputi : Lomba Foto, Pameran Lukisan, Pentas Musik, Fun Bike, Turnamen Golf, Lomba Blog Pariwisata, Lomba Masak serba Ikan, Gelar Film Indi, Kemah Bhakti Karang Taruna, Terabas Motor Trail, Serayu 10 km, Lomba Dolanan Anak, Gerak Jalan Gayeng dan Seminar Serayu.
EVENT FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA 2013

NO

EVENT

WAKTU

LOKASI

1.
EVENT INTI
Parade Budaya

24 Agustus 2013

Alun – alun Kota
2.
Pesta Parak Iwak
26 – 27 Agustus 2013
Dieng – Pikase Kutayasa
3.
Gelar Seni
24 – 31 Agustus 2013
Alun – alun Kota, Taman Kuliner, Stadion Kolopaking.
4.
Serayu Expo
28 – 31 Agustus 2013
Stadion Kolopaking
5.
Banjarnegara Bersholawat
31 Agustus 2013
Alun – alun Kota
6.
Banjarnegara Hijau
31 Agustus 2013
Serulingmas

1.
EVENT PENDUKUNG
Lomba Foto

24 – 31 Agustus 2013

Banjarnegara
2
Pameran Lukisan
28 – 31 Agustus 2013
Stadion Kolopaking
3
Pentas Musik
24 – 31 Agustus 2013
Taman Kuliner
4
Fun Bike
1 September 2013
Banjarnegara
5
Turnamen Golf
25 Agustus 2013
Padang Golf Mrica
6
Lomba Blog Pariwisata
24 – 31 Agustus 2013
Banjarnegara
7
Lomba Masak serba Ikan
26 Agustus 2013
Serayu Adventure
8
Gelar Film Indi
24 – 31 Agustus 2013
Gedung Wanita
9
Kemah Bhakti Karang Taruna
30 – 31 Agustus 2013
Serulingmas
10
Trabas Motor Trail
31 Agustus 2013
Banjarnegara
11
Serayu 10 Km
31 Agustus 2013
Banjarnegara
12
Lomba Dolanan Anak
27 – 28 Agustus 2013
Serulingmas
13
Seminar Serayu
27 Agustus 2013
Politeknik
14
Gerak Jalan Gayeng
29 Agustus 2013
Banjarnegara

PARADE BUDAYA (24 Agustus 2013)
Parade Budaya ini menampilkan potensi seni, budaya dan pariwisata serta produk ekonomi kreatif yang ada di bumi Banjarnegara. Parade Budaya ini akan dikemas secara spektakuler, antik, unik dan menarik. Event ini akan digelar di sepanjang Jalan Dipayuda Banjarnegara pada 24 Agustus 2013 setelah Pembukaan Festival Serayu Banjarnegara 2013 oleh Menteri Koordinasi Bidang Ekuin Ir. Hatta Rajasa dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. Mar’ie Elka Pangestu
PESTA PARAK IWAK (26 – 27 Agustus 2013)
Pesta Parak Iwak merupakan sebuah bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Kali Serayu khususnya masyarakat Banjarnegara yang telah merasakan betapa besar “peran” Kali Serayu sebagai nadi hidup dan berkembangnya cipta, rasa dan karsa masyarakat Banjarnegara dalam kemajuan baik ekonomi, sosial dan budaya dapat dicapai sebagaimana dirasakan sekarang ini. Perwujudan dari kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk nguri – uri, merawat dan melestarikan dan sekaligus rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pesta Parak Iwak diawali prosesi pengambilan “Ulam Sari Tirta Nyawiji” dari telaga – telaga di Dataran Tinggi Dieng (Telaga Balekambang, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna dan Telaga Cebong). Ulam Sari Tirta Nyawiji ditempatkan dalam bokor “Tumus Pandeleng Ing Manah” kemudian dikirab melalui Kota Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu dan disemayamkan di Madukara.
Hari berikutnya Ulam Sari Tirta Nyawiji dikirab ke Sungai Serayu kemudian dilarung. Gelaran Parak Iwak itu dikemas secara apik, kreasik, unik dan akrab. Para wisatawan dapat ikut kegiatan gogoh iwak, makan bareng seribu tumpeng sambil menikmati hiburan seni budaya Banjarnegara.
GELAR SENI (24 – 31 Agustus 2013)
Gelar Seni Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah merupakan ajang hiburan kesenian rakyat yang digelar selama sepekan mulai pagi, siang hingga malam hari. Event tersebut menampilkan semua potensi seni dan budaya yang ada di bumi Banjarnegara yang diolah secara apik, menarik dan artistik yang dikemas oleh para seniman dan seniwati Banjarnegara. Kesenian rakyat tersebut digelar di Alun – alun Banjarnegara, Taman Kuliner, Stadion Kolopaking dan TRMS Serulingmas.
SERAYU EXPO (28 – 31 Agustus 2013)
Serayu Expo adalah gelaran produk ekonomi kreatif tingkat Jawa Tengah yang menampilkan hasik karya industri kreatif anak bangsa (Industri Publikasi, Industri Seni Budaya, Industri Musik dan Seni Pertunjukan, Industri Aneka Kerajinan dan Barang Seni, Industri Desain, Industri Kreatif dengan Muatan Teknologi dll. Ajang pameran tersebut dilengkapi pula dengan aneka produk UMKM, Produk pertanian, perikanan, peternakan, aneka olahan menu kuliner non beras dan bursa tenaga kerja. Di tempat expo juga ditampilkan berbagai hiburan yang dikemas cantik untuk wisatawan.
BANJARNEGARA BERSHOLAWAT (31 Agustus 2013)
Banjarnegara Bersholawat adalah merupakan event akbar spiritual berupa sholawat massal bersama Syech Habib Abdul Khadir Assegaf. Gelaran ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Hidayah dan Inayah yang diberikan kepada rakyat Banjarnegara sekaligus berdoa agar selalu diberikan kekuatan lahir bathin dalam mengarungi kehidupan ke depan untuk lebih baik lagi. Para wisatawan dapat ikut bergabung dalam acara Banjarnegara Bersholawat di Alun – alun Kota Banjarnegara.
BANJARNEGARA HIJAU (31 Agustus 2013)
Banjarnegara Hijau adalah merupakan event penanaman pohon di komplek TRMS Serulingmas. Event ini dikemas secara khusus menjadi paket tanam pohon massal bernuansa seni dan budaya. Sejumlah artis nasional diundang untuk meramaikan event akbar ini. Para wisatawan dapat ikut menanam pohon sambil berdendang. (Giri)

No comments:

Post a Comment