Thursday 7 March 2013

Pesta Parak Iwak Siap Meriahkan Festival Serayu


BANJARNEGARA - Festival Serayu Banjarnegara 2013 akan dimeriahkan dengan acara unik dan menarik di Sungai Serayu. Acara unik tersebut yakni Pesta Parak Iwak yang akan digelar 26-27 Agustus 2013.
Bupati Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, Pesta Parak Iwak merupakan sebuah bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Serayu, yang telah merasakan manfaat sungai tersebut.
"Parak iwak akan diawali prosesi pengambilan Ulam Sari Tirta Nyawiji dari telaga-telaga di Dataran Tinggi Dieng. Yakni Telaga Balekambang, Merdada, Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna, dan Telaga Cebong," katanya, baru-baru ini.
Ulam Sari Tirta Nyawiji itu kemudian ditempatkan dalam bokor Tumus Pandeleng Ing Manah dan dikirab melalui Kota Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu, dan disemayamkan di Madukara.
Baru hari berikutnya dikirab ke Serayu dan dilarung. Para wisatawan dapat ikut acara itu dari mulai gogoh iwak, menangkap ikan di sungai, makan bareng seribu tumpeng, sembari menikmati hiburan seni-budaya.
Agenda lain, yakni parade budaya yang digelar 24 Agustus, gelar seni (24-31 Agustus), Serayu Expo (28-31 Agustus), Banjarnegara Bersholawat (31 Agustus), dan Banjarnegara Hijau (31 Agustus).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Aziz Achmad, mengatakan, tahapan saat ini adalah menggencarkan promosi melalui berbagai media, antara lain bekerja sama dengan komunitas blog, duta wisata, dan juga road show keliling berbagai daerah.
Harapannya, dengan promosi tersebut bisa menggaet banyak wisatawan ketika berbagai agenda wisata digelar. 

1 comment: