Monday 25 February 2013

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe adalah tanaman rempah yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat secara luas. Pemanfaatannya tidak sebatas sebagai bumbu makanan atau obat tradisional saja, tetapi banyak diperdagangkan sebagai bahan industri obat-obatan, kosmetik, minuman dan makanan ringan. Karena manfaatnya yang cukup banyak, menjadikan jahe sangat terkenal hingga ke manca negara.

Asal tahu saja, jahe mengandung satu sampai empat persen minyak atsiri dan oleoresin. Komposisi minyak yang terkandung bervariasi tergantung kondisi geografis dimana jahe ditanam. Kandungan/ekstrak yang kaya membuat jahe menjadi alternatip untuk peluruh dahak atau obat batuk, peluruh keringat, peluruh angin perut, diare dan pencegah mual.
Selama ini jahe cukup populer dan banyak digunakan sebagai obat herbal karena banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti gangguan pada organ pencernaan maupun pernafasan. Jahe juga mampu meredakan kembaung karena memiliki sifat stimultan dan ekspektoran. Jahe juga memiliki mineral yang berguna seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, seng dan juga vitamin.
Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, ternyata jahe bisa digunakan untuk menambah selera makan. Menurut peneliti, olahan jahe yang dikonsumsi sebelum makan dapat meningkatkan nafsu makan dengan cara meredakan racun yang menyerang pencernaan. Caranya, campurkan irisan jahe segar ke dalam segelas jus jeruk, lalu konsumsi sebelum dan sesudah makan.
Jus jahe segar juga bisa digunakan untuk mengobati gejala batuk dan dingin, menghentikan hidung berair dan membantu menyembuhkan sakit kepala dan demam yang berhubungan dengan flu biasa. Jahe bisa dikonsumsi dicampur dengan teh atau sebagai rebusan dengan kemangi dan madu. Manfaat lain dari jahe diantaranya adalah:
Mencegah perut buncit
Berdasarkan penelitian dari para ahli kesehatan, jahe memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah mencegah perut buncit. Dengan mengkonsumsi sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe mengandung metabolism dan memperlancar pencernaan. Dengan adanya eningkatan metabolism, maka akan memperlancar pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.
Membuat Tubuh menjadi perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif membangun otot. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur membantu mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan karena latihan fisik.
Sebagai Obat Jerawat
Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Madical Center, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan mengkonsumsi jahe maksimal empat gram setiap hari.
Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolism tubuh.
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Seperti yang telah kita sebutkan di atas, jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormone adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda.
Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh
Jika kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh biasanya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai kotoran jahat yang ada di dalam tubuh.
Mencegah Penggumpakan Darah
Di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol merupakan salah satu senyawa yang mampu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.

Tulisan Terkait:

No comments:

Post a Comment